Pengertian CPU dan beberapa bagiannya

05.44.00

Pengertian CPU dan beberapa bagiannya - CPU Adalah bagian penting dari sebuah komputer karena CPU adalah otak dari komputer tersebut. Microprocessor atau processor merupakan pusat pengelolahan data dan pengontrolan kerja dari setiap komponen komputer. oleh karena itu jinerja komputer sangat tergantung dari kerja CPU-nya. CPU mempunyai dua buah bagian yang membedakan berdasarkan fungsi operasionalnya, yaitu Arithmetical Logical Unit ( ALU ) dan Control Unit ( CU ).
Baca : Pengertian tentang Scanner
Arithmetical Logical Unit ( ALU ) Berfungsi sebagai pusat pengelolahan data, seperti perhitungan - perhitungan matematika, sedangkan Control Unit berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer , yang dimaksud dengan mengontrol kerja komputer adalah mengatur urutan proses-proses yang dilakukan di dalam komputer.

Kecepatan kinerja dari sebuah CPU diukur dengan satuan hertz, untuk saat ini CPU yang beredar dipasaran sudah menggunakan satuan gigahertz, dimana 1 Gigahertz = 1.000.000.000 hertz, semakin tinggi kecepatan CPU maka semakin bagus pula kinerjanya.
CPU yang beredar di pasaran pada saat ini kebanyakan bermerk intel,pentium, merk lain selain kedua tersebut adalah AMD ( Advanced Micro Devices.)

Bagian - Bagian pada CPU :
  1. Bagian Depan pada CPU Terdapat : Saklar On/Off, Disk Drives, Lampu Indikator, CD/DVD Room, Slot USB atau memory card.
  2. Bagian Belakang pada CPU Terdapat : Kabel Power, Soket Monitor, soket Printer, Serta Port input dan Output baik serial maupun paralel
Itulah  Pengertian CPU dan beberapa bagiannya. Semoga Bermanfaat :)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

3 komentar

Thanks Infonya Ane Jadi Tau

Balas

sangat bermanfaat,, walaupun saya sudah tahu :)

Balas

Sebelum Berkomentar silahkan kalian membaca artikel diatas....